• Headline

    Tangkal Godaan Saat Puasa

    Foto/Unsplash. Ilustrasi puasa.

    Sebagai umat muslim, kita yang sudah mulai dewasa harus bisa belajar puasa sebulan penuh. Puasa adalah saat yang tepat untuk menata diri, hati, dan perbuatan, serta belajar menata pola makan. Tapi, siapa bilang puasa itu gampang? Nyatanya, kita yang sudah membiasakan diri untuk puasa masih banyak saja godaannya, terutama dari teman-teman dan diri sendiri yang masih belum bisa menahan hawa nafsu, iya kan? Hehehe. Siapa yang bisa menahan aroma makanan di pinggir jalan, sekedar menahan haus di siang hari karena kelelahan, atau masih berusaha kepoin mantan? Haha! Semua itu ternyata tidak semudah yang dipikirkan lho. Lalu apa nih yang harus kita lakukan untuk menangkal godaan-godaan saat berpuasa? Andri Mashadi punya tipsnya nih untuk kita!

    1. Kurangi ngomongin orang

    Godaan puasa bukan hanya dari diri sendiri, tapi bisa jadi dari teman-teman kita sendiri lho. Terkadang, kalau sudah berkumpul bersama teman kita suka banget ngomongin apa aja, mulai dari hal penting sampai tidak sadar ngomongin orang dan lupa kalau lagi puasa, haha. Ngomongin orang bukan hanya di dunia nyata loh, tapi juga di dnia maya. “Ya, termasuk gunain sosmed nih, kita harus bijak ya menggunakannya. Pikir terlebih dahulu apa yang ingin di sampaikan, foto, video, ataupun sekedar memberikan komentar di postingan orang, sebenarnya bukan hanya saat puasa saja sih,” ujar Andri. Memang, waktu luang anak muda zaman sekarang lebih banyak dihabiskan untuk buka sosmed kan? Hayo, siapa nih yang suka nyinyir di sosmed? Kurang kurangi yaa…. Hehe.

    2. Tidak perlu dipaksakan!

    Kalau lagi puasa, kita tidak bisa menolak perasaan yang tiba-tiba lapar, haus, atau perasaan ingin tidur terus. Ya, untuk yang kuat puasa sih biasa saja, tetapi bagaimana dengan orang yang mudah batal puasanya? “Ya setengah hari aja sih, jangan dipaksain, hahaha.” Kata Andri. Wah, tapi masa kita gak kuat sih sama godaan yang gitu aja? “bercanda, lakuin aja hal-hal positif untuk mengisi waktu luang, anggap saja seperti hari-hari biasa,” lanjutnya. Terkadang, godaan itu datang karena memang kita sedang tidak melakukan apa-apa kan? Lalu bagaimana nih cara mengisi waktu yang positif?

    3. Lakukan hal yang positif

    Hal positif di sini tergantung dari diri kita masing-masing. Lakukan apa yang kita suka, hobi apa yang sedang digeluti, atau jalan-jalan sambil ngabuburit? Seperti Andri, dia tetap semangat naik gunung saat puasa lho! Jalan-jalan ke goa di Tasikmalaya, dan main di air terjun. “Seru banget, walaupun capek sih tapi intinya ya nikmatin aja momen apapun yang lagi dijalani saat ini. Karena walaupun sedang puasa dan beraktivitas, momen saat menahan hawa nafsu itu akan terbayar setelah buka puasa, pokoknya asyik banget!” ujar Andri. Wah, seru banget ya. Boleh nih dicoba tips yang satu ini.

    4. Percepat waktu berbuka

    Tips kali ini memang terdengar aneh ya, haha. Tapi jangan salah sangka, mempercepat waktu berbuka di sini bukan bermaksud mempercepat adzan maghrib ya. Andri misalnya, ia punya cara tersendiri untuk mempercepat waktu maghribnya. Jadi, ia bisa sahur lebih awal yaitu sekitar jam 11 atau 12 malam. Setelah itu, ia bangun sebelum imsak dan minum air putih. Dari situ kita bisa mengambil waktu tidur lebih banyak, kan? “Tapi jangan kaya aku ya, waktu itu niatnya bangun sebelum imsak, setelah minum segelas air aku bangun dan ternyata udah jam 9 pagi. Jadi malu sendiri deh!” ungkapnya. Wah, harus pasang alarm nih kalau gitu!

    5. Sabar, jangan dibawa serius

    Puasa itu memang ibadah, tapi jangan juga dibawa serius ya. Kalau kita sedang berpuasa, jangan juga kita memaksakan orang lain di sekitar kita untuk berpuasa. Andri mengatakan, yang perlu diingat adalah puasa itu penilaian dari yang di atas, bukan dari mereka semua yang suka ganggu puasa kita. Hehehe. Oiya, satu lagi, pacar sendiri juga bisa jadi salah satu sumber godaan loh. “Contohnya kalau lagi pilih tempat untuk buka puasa, susah cari tempat karena ramai sana-sini, sampai akhirnya datang ke tempat yang doi mau, tetapi waktu ditanya mau makan apa doi Cuma jawab ‘terserah’, nah itu juga nih yang bikin kita harus makin sabar, kan mau buka puasa haha,” tambah Andri. Banyak juga ya kalau dijabarin, tapi pokoknya sabar aja deh kalau lagi puasa.

    Nah, bagaimana nih tips dari Andri? Semoga bermanfaat ya. Memang yang namanya ibadah pasti ada aja godaannya, tapi kita jangan juga terpengaruh banyak dari mereka ya, tetap semangat menjalani puasa, ingat lebaran saja pasti lebih senang haha. “Harapannya untuk puasa tahun ini, semoga semua orang yang pulang kampung selamat sampai tujuan dan bertemu keluarga, dan semangat untuk orang yang masih berusaha modusin mantan, yuk susun gaya chat/sms ucapan lebaran dari sekarang, walaupun nanti dibalesnya cuma broadcast tapi seneng juga kan? hahaha,” ucap Andri. Hahaha, aamiin. Tips yang menarik nih, selamat mencoba.

    (Artikel telah dipublikasi pada Koran Sindo Rubrik Gensindo pada Sabtu, 26 Mei 2018)

    1 comment: