• Headline

    Kampung Pulo Geulis Bogor

    Foto/Nurnafisah. Kampung Pulo Geulis.

    Kampung Pulo Geulis dikenal sebagai kampung warna-warni di tengah kota Bogor. Kreativitas masyarakatnya membuat kampung ini kembali dilirik oleh pemerintah dan perusahaan swasta untuk menjalin kerja sama. Tak hanya itu, dibalik keistimewaan letaknya di tengah sungai, Kampung Pulo Geulis menjadi bagian dari sejarah Kerajaan Pajajaran.

    “Awalnya kampung ini mau digusur, namun setelah kami membuat inovasi baru dengan mural, masyarakat dan pemerintah tidak lagi me­mandang sebelah mata,” kata Hilman, Ketua RT 01/04, Kampung Pulo Geulis, Bogor.

    Kampung Pulo Geulis be­rada di antara sungai Cili­wung, tepatnya di Jalan Kampung Pulo Geulis di selatan Kebun Raya Bogor. Letaknya di tengah kota men­jadi daya tarik tersendiri untuk menjadikan kampung ini menjadi destinasi wisata. Namun, keberadaan kampung ini dinilai rawan longsor dan hendak di gusur karena terlihat tidak terawat.

    Kemudian kampung ini di­sulap menjadi cantik yang menyuguhkan mural-mural. Bukan hanya karya masyarakat, tetapi juga anak bangsa yang turut me­nyumbangkan karyanya. “Awalnya memang hanya masyarakat setempat, tetapi anak muda lain berdatangan dan ikut membantu, seperti dari Bali dan Yogyakarta,” jelas Hilman.

    Mural di kampung ini ber­macam-macam, mulai dari tokoh super hero hingga mural yang menggambarkan sejarah Kerajaan Pajajaran dan ciri khas kota Bogor. Kampung ini menjadi lebih berwarna dan sangat bersejarah. Tak salah jika Corporate Social Respon­sibility (CSR) dari beberapa perusahaan mendukung program kampung mural ini.

    Kampung Bersejarah

    Lokasi yang berada di ten­gah sungai menjadi bukti bahwa tempat ini pernah men­jadi tempat peristirahatan Ke­rajaan Pajajaran. Hal itu ditandai dengan adanya batu megalitikum yang kini tersim­pan di Klenteng Pan Kho Bio, Kampung Pulo Geulis. “Pada zaman dahulu sungai memang menjadi jalur transportasi, termasuk sungai Ciliwung ini,” jelas Abraham Halim, Pemerhati Sejarah, Situs Megalitikum di Kampung Pulo Geulis.

    Klenteng Pan Kho Bio tidak hanya menjadi tempat peribadatan umat Tionghoa dan Budha, tetapi di dalamnya terdapat musala yang sering mengadakan pengajian setiap Kamis malam. Kegiatan tersebut mencerminkan betapa kentalnya kebersamaan dan kerukunan antarumat beragama di Kampung Pulo Geulis.

    Kini kampung tersebut di­sulap sejak 2017 menjadi kampung kreatif yang aktif. Masyarakat mampu mening­katkan perekonomian warga dengan menawarkan kampung unik yang juga bernilai sejarah. “Semoga dilancarkan program pemerintah untuk menaikkan taraf hidup di kampung ini,” kata Hilman. (NN)

    4 comments:

    1. Waahh.. untung gajadi digusur. Untung warganya kreatif

      ReplyDelete
    2. Jadi gak sabar buat ke Pulo Gelis lagi

      ReplyDelete
    3. Wah, deket rumah nih. Next destination. thx

      ReplyDelete
    4. Wih ternyata Bogor ada kampung warna-warni juga. Kapan-kapan mau ke sini ah~

      ReplyDelete