• Headline

    Hindari Rasa Minder dengan 5 Hal Ini

    Foto/Unsplash.com. Ilustrasi percakapan.

    Perjalanan hidup tidak selalu mulus. Akan ada halangan dan rintangan yang harus dilalui sebelum benar-benar bisa melewati semuanya. Beberapa halangan tersebut bisa berasal dari faktor luar seperti lingkungan, keluarga, dan orang lain atau bisa jadi pula faktor dalam lah yang menjadi penghalang langkah hidup kita, yaitu diri kita sendiri.

    Dalam hidup, manusia pasti akan bertemu dengan permasalahan psikologisnya sendiri, salah satunya adalah dihantuinya perasaan minder yang kerap kali menjadi permasalahan kita untuk menjadi orang yang percaya diri. Minder dapat membuat perasaan tidak enak dari setiap apa yang kita kerjakan. Sering kali rasa minder menjadi penghalang dan membatasi pergerakan dan peningkatan diri kita.

    Namun, ada beberapa cara yang setidaknya bisa kita lakukan untuk menghindari dan mengatasi rasa minder tersebut. Berikut lima cara tersebut.

    1. Bersyukur

    Perasaan minder bisa jadi muncul karena kurangnya rasa bersyukur. Setiap apa yang Tuhan berikan kepada kita ialah suatu nikmat yang seharusnya kita syukuri. Terkadang kita selalu merasa belum puas dengan apa yang kita dapatkan karena kita sering membandingkan apa yang orang lain punya dengan apa yang kita miliki.

    Hal itulah yang membuat kita terkadang belum merasa puas sehingga kita tidak bersyukur. Padahal bersyukur adalah cara kita untuk lebih dekat kepada Tuhan dan berterima kasih atas segala apa yang dimiliki sekarang.

    2. Berhenti membandingkan

    Salah satu penyebab diri yang kurang bersyukur adalah dengan membandingkan diri kita dengan orang lain. Padahal setiap manusia telah memiliki nikmat dan rezekinya sesuai dengan porsi yang sudah ditetapkan oleh Tuhan. Hal itulah yang sering membuat kita merasa belum puas karena kita tidak pernah sama dengan orang lain.

    Maka dari itu, tindakan membanding-bandingkan ini harus segera dihentikan agar kita bisa lebih mudah bersyukur dan berusaha untuk menerima segala ketetapan Tuhan tanpa iri hati pada orang lain. 

    3. Fokus pada kelebihan

    Membanding-bandingkan diri kita disebabkan karena kita tidak menyadari suatu hal, yaitu Tuhan telah memberikan setiap manusia dengan kelebihan dan kekurangannya. Membanding-mandingan adalah cerminan bahwa kita masih ada pada fase kekurangan. Dengan begitu, bagaimana bisa kita lebih percaya diri jika hanya fokus pada kekurangan, sementara di sisi lain kita sebenarnya masih punya banyak kelebihan yang bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

    Maka dari itu, kita harus belajar untuk fokus dengan kelebihan yang kita miliki. Tidak hanya menyesali kekuangan dan terlalu mudah putus asa karena minder yang berkepanjangan. Selain itu, tekankan pada diri bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga kita tidak merasa khawatir dengan hal tersebut.

    4. Membangun percaya diri

    Memahami diri sendiri memang sulit, itulah mengapa kita penting mengetahui kelebihan dan kekurangan kita, entah mencari tahu semua itu dari roang lain atau menggali potensi diri secara pribadi. Dengan begitu, kita akan bisa fokus pada kelebihan kita dan mampu membangun rasa percaya diri.

    Aturlah pikiran kita dengan kata-kata positif, seperti kata “Aku bisa”, “Tidak ada yang tidak mungkin”, dsb. Hal itu bisa membangun rasa percaya diri kita untuk tidak minder dan menerima semua ketetapan Tuhan.

    5. Belajar dari teman

    Terakhir, ada cara termudah yang bisa kita lakukan, yaitu belajar dari teman. Kebanyakan dari kita lebih mudah mempraktikkan sesuatu dengan cara melihat contoh nyata. Teman adalah salah satu contoh yang bisa kita lihat pengalaman hidupnya. Terlebih tentang bagaimana ia mengatasi rasa minder itu sendiri.

    Jika kita memilih cara ini, tentunya kita harus bisa mencari teman yang baik dan selalu berpikir positif agar kita bisa mengikuti jejaknya dengan langkah-langkah positifnya. Jadi, jangan sembarang memilih teman untuk dicontoh, ya!

    Itulah beberapa hal yang bisa mencegah datangnya perasaan minder dalam diri kita. Semoga cara-cara diatas mampu menolong kalian yang sedang dihantui perasaan minder terhadap lingkungan dan teman-teman. Semoga bisa menjadi lebih percaya diri dan jauh lebih baik dari sebelumya.

    3 comments:

    1. Artikel yang sangat bermanfaat. Semoga bisa menyadarkan banyak orang agar tidak insecure lagi☺

      ReplyDelete